Nikmat dan Bergizi: Manfaat Roti untuk Kesehatan

Manfaat roti untuk kesehatan, apa saja khasiatnya? Selain praktis sebagai kudapan sarapan atau cemilan di kala santai, roti juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh Anda. Penelitian menunjukkan 100 gram roti bisa memberikan lebih banyak energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan besi dibandingkan 100 gram nasi putih.
 
Roti dibedakan atas roti tawar dan roti manis. Roti tawar terdiri dari roti putih dan roti gandum. Sedangkan roti manis memiliki ragam variasi isi, seperti selai kacang, strawberry, coklat, susu, daging, keju, pandan, dan lainnya.
 
Roti mengandung zat bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan niasin serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya. Tingginya kandungan serat dalam roti gandum juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, roti gandum juga mengandung antioksidan dan fitoestrogen yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. 
 
Seperti pembahasan pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan roti putih dan roti gandum, walaupun sama-sama memiliki nilai gizi, roti yang terbuat dari gandum utuh memang lebih menyehatkan daripada roti putih. Roti gandum dapat menurunkan kolesterol dan baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Roti gandum juga memiliki cita rasa yang khas dibanding roti putih. 
 
Perlu Anda ketahui, untuk meningkatkan mutu protein bagi tubuh, belakangan ini roti juga diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan kelompok Omega-3 jenis EPA  (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid). Roti isi tuna merupakan salah satu contoh roti yang diperkaya Omega-3.
 
Asam lemak ini membantu perkembangan otak dan menguatkan daya ingat. Kandungan PUFA dalam roti terbukti meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian, memecahkan masalah, dan penglihatan. Banyaknya manfaat roti untuk kesehatan, membuat makanan ini cocok dijadikan hidangan alternatif bagi keluarga Anda. 
 
Agar roti tetap fresh, masukkan roti ke dalam tempat khusus atau bungkus dengan wax paper dan masukkan dalam lemari pendingin. Jika ingin mengkonsumsinya lagi, Anda bisa menghangatkannya dalam microwave. Jauhkan bahan-bahan berbau tajam, seperti bawang, deterjen, atau sabun dari tempat penyimpanan roti. Manfaat roti untuk kesehatan menjadi lebih nikmat dan bergizi padat asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.
 

Change your location : Surabaya